WAKIL BUPATI MERESMIKAN MENARA  MASJID AGUNG AL FALAH.

Nabire, Pemerintah Kabupaten Nabire mengucapkan terimakasih kepada pengurus serta panitia pembangunan menara serta pihak pihak yang tidak dapat di sebutkan satu persatu  atas kerja kerasnya selama ini baik berupa pikiran, tenaga maupun materi, walaupun secara bertahap namun dapat merampungkan pembangunan menara mesjid Al falah, semoga apa yang telah di lakukan selama ini di catat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Demikian pembukaan sambutan. Wakil Bupati Ismail Djamaluddin pada

Kegiatan Peresmian Menara Mesjid Alfalah yang ditandai dengan Penyalaan Lampu oleh Wakil Bupati Nabire Ismail Jamaluddin Beserta Forum koordinasi pimpinan daerah yang bertempat di masjid Agung Alfalah Kab.Nabire(06/04/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Nabire. Ismail Jamaluddin, Kapolres Nabire, Dandim Nabire, Ibu Katrin Maruanaya, Asisten I, Kasat POLPP, Ketua MUI, Ketua Yayasan Nur Alfalah Hj Baharudin, Beserta Jamaah Alfalah.

Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos MSi dalam sambutanya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Nabire Ismail Jamaluddin mengatakan sebagaimana kita tau bersama dimana berdirinya Masjid disitulah menara menjulang, Ibarat sayur tanpa garam. Sebuah masjid tanpa menara seakan Kurang Afdol. Tampaknya sudah menjadi elemen penting yang sukar untuk dipisahkan dari arsitektur masjid, tak heran jika menara selalu mendampingi masjid-masjid besar di seluruh penjuru dunia. Kehadiran menara yang berdiri kokoh menjulang ke langit akan semakin menambah kemegahan dan keindahan sebuah mesjid kehadiran menara pada bangunan masjid merupakan simbol peradaban islam, menara dibangun umat Islam yang memiliki fungsi amat penting yakni sebagai tempat untuk mengumandangkan adzan sesuai dengan kondisi geografis dan situasi pada Zamannya dilihat dari sejarahnya fungsi menara masjid yang paling utama adalah sebagai tempat menyerukan panggilan solat lima kali setiap hari, menara itu dibutuhkan agar kumandang adzan didengar dalam jangkauan yang luas namun tidak hanya bersifat fungsional fungsi menara mesjid yang lain adalah sebagai panggilan visual yang kuat akan kehadiran islam di suatu wilayah sementara fungsi menara mesjid berdasarkan arsitektur tradisional di wilayah timur adalah sebagai sistem ventilasi suatu bangunan pada iklim yang panas.

Ismail Djamaluddin juga mengatakan membangun dan memakmurkan mesjid merupakan perintah agama tidak hanya membangun secara fisik semata akan tetapi membangun, menghidupkan dan memakmurkan fungsi dari mesjid itu sendiri sehingga keberadaan mesjid sebagai tempat ibadah umat islam memiliki peran strategis dalam menumbuh kembangkan keberadaban umat, saya berharap dengan dibangunnya menara mesjid ini dapat menambah semangat umat muslim untuk melakukan kegiatan solat sesuai dengan Adzan yang nantinya di kumandangkan, peningkatan semangat masyarakat untuk melakukan Ibadah solat inilah yang kita harapkan selalu mengiringi dalam upaya kemakmuran dan kenyamanan beribadah umat islam di wilayah ini termasuk di mesjid alfalah ini. 

Seiring dengan berdirinya menara ini melengkapi Mesjid Agung Alfalah. Kami Pemerintah Kabupaten Nabire akan terus berupaya menyelaraskan program kerja pemerintah dengan memperhatikan kegiatan berbasis keagamaan. Sebagaimana tertuang dalam suatu visi-misi kami yakni penguatan nilai-nilai agama menuju masyarakat yang bertakwa dan beriman.

Bupati juga memohon doa dan dukungannya agar kami Pemerintah Kabupaten Nabire dapat terus Istiqomah dalam membangun negara ini menuju kabupaten nabire yang Aman, Sejahtera  dan Mandiri.

(Bagian Humas Setda Kab. Nabire)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBAYARAN GANTI RUGI LAHAN LOKASI KANTOR CABANG BANK PAPUA

“ASN Harus Bekerja dan melayani masyarakat sesuai dengan tupoksi dan kewajiban kita”

BUPATI NABIRE MENYERAHKAN 474 SK PNS FORMASI 2018 YANG TELAH MENGIKUTI LATSAR DAN PENGAMBILAN SUMPAH JANJI