Mesak Magai Membagikan 8 Ton jagung Hibrida kepada petani

 Nabire: Potensi Pertanian Kabupaten Nabire dibidang Swa Sembada pangan cukup besar. Seperti pangan padi, jagung dan palawija,  dimana potensi tersebut ditunjang dengan ketersediaan lahan dan juga cuaca yang cukup mendukung.

Bupati Nabire Mesak Magai saat menyerahkan  secara simbolis benih jagung hibrida kepada kelompok tani, Kamis, (25/5/2023), Di kantor dinas pertanian Nabire - Papua Tengah mengatakan, dukungan pemerintah terhadap pertanian Nabire, haruslah tepat sasaran seperti pembagian benih saat ini, sebanyak 8 ton bibit benih jagung hibrida, diberikan kepada kelompok tani dengan lahan yang tepat, sehingga diharapkan kedepan para petani ini dapat secara mandiri mengembangkan usahanya dibidang pertanian.

" ini saya bagikan bibit benih jagung hibrida sebanyak 8 ton keseluruh kelompok tani yang wilayahnya berpotensi dapat mengembangkan produk produk pertanian seperti padi, jagung dan palawija, seperti Nabire barat, makimi dll, mengapa ke kelompok tani ini, agar tepat sasaran, saya tidak mau bantuan pemerintah itu turun kedaerah yang potensinya berbeda, contohnya daerah pegunungan yang dingin, tidak mungkin jagung bisa berkembang, tapi mungkin kopi, nah ini yang saya maksud" katanya.

Sementara itu menurut widiaiswara dari balai besar pelatihan pertanian ketindan kementrian pertanian, saptini Mukti Raharja  menjelaskan, potensi kabupaten Nabire untuk mendukung  ketahanan pangan nasional cukup menjanjikan, sehingga yang harus didorong adalah bagaimana para petani ini tidak bergantung kepada pemerintah, namun akan dilakukan pendampingan agar lebih dapat berusaha sendiri.

" Kemungkinan Nabire mendukung ketahanan pangan nasional seperti produk padi, jagung dan palawija cukup besar, hal ini dapat dilihat dari iklim dan cuaca serta lahan yang menjanjikan, sekaran kami hadir untuk melakukan pendampingan kepada para petani, agar lebih mandiri dalam mengelola hasil pertaniannya" jelasnya.

(Bagian Humas Setda Kab.Nabire)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBAYARAN GANTI RUGI LAHAN LOKASI KANTOR CABANG BANK PAPUA

“ASN Harus Bekerja dan melayani masyarakat sesuai dengan tupoksi dan kewajiban kita”

BUPATI NABIRE MENYERAHKAN 474 SK PNS FORMASI 2018 YANG TELAH MENGIKUTI LATSAR DAN PENGAMBILAN SUMPAH JANJI