PEMBINAAN BUMDES

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung,  DPMK Kabupaten Nabire gelar pembinaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Lembaga Kerjasama Antar Kampung,  (LKAK), Rabu (4/10/2023), dipusatkan di Aula Dinas Pekerjaan Umum, Jalan Merdeka, Nabire, Papua Tengah.

Wakil Bupati Nabire, Ismail Djamaluddin saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pembentukan  Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes, merupakan lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat desa,  yang menganut asas mandiri dan gotong royong,  dengan modal usaha yang sumbernya dari masyarakat,  dan juga membangun ekonomi lokal desa, didasari oleh potensi desa, kebutuhan desa, kapasitas desa serta penyertaan modal dari pemerintah desa, dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa.  Menurutnya, setiap desa dapat secara bersama-sama merencanakan, membangun dan mengembangkan kebutuhan infrastruktur, baik antar desa maupun yang menghubungkan desa ke pusat pertumbuhan perekonomian.

" Dengan konektivitas tersebut, diharapkan desa mempunyai daya tarik, sehingga mendorong mengalirnya investasi luar, serta bertujuan mengoptimalkan sumber daya desa yang tersedia untuk dikelola, dilindungi dan dilestarikannya aset desa, baik yang berupa tanah kas desa, sumber daya air, tambatan perahu, pasar desa dan lembaga keuangan desa, yang dapat dikerjasamakan antar desa, sehingga sebagai sumber peningkatan ekonomi desa dan memberikan nilai manfaat kepada masyarakat desa " Katanya.

Wakil Bupati Ismail Djamaluddin juga meminta agar para kepala kampung, mulai mempersiapkan anak anak kampung yang mempunyai kemampuan yang sesuai dengan potensi, yang akan dikembangan dalam bumdes di kampung masing masing agar dapat dikelola secara profesional.

" Selain itu dana desa hendaknya dimanfaatkan pula untuk pengembangan desa, karena selama ini tidak bisa dipungkiri dana desa kurang berfokus pada peningkatan profit desa atau keuntungan bagi desa dan peningkatan perekonomian masyarakat desa " Jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Nabire, Pilemon Madai menyampaikan, ditengah berbagai tantangan di kampung, pentingnya pemahaman dan kerja keras setiap aparat kampung, untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi Bumdes di masing masing kampung.

" Berbagai pengetahuan dan kerja keras untuk mencapai tujuan bersama, yaitu pemerintahan kampung yang lebih tertib dan bumdes yang lebih kuat secara hukum " katanya.

Pembinaan Badan Usaha Milik Desa, Bumdes dan Lembaga Kerjasama Antar Kampung, LKAK, digelar selama dua hari dari tanggal 4 hingga 5 oktober 2023,  dengan materi yang disajikan antara lain implementasi undang undang otsus dalam peningkatan ekonomi kampung, potensi lokal dan jenis kewirausahaan bumdes dalam mendorong kemandirian kampung, dan peran bumdes dalam peningkatan ekonomi kampung.

(Bagian Humas Setda Kab.Nabire)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBAYARAN GANTI RUGI LAHAN LOKASI KANTOR CABANG BANK PAPUA

“ASN Harus Bekerja dan melayani masyarakat sesuai dengan tupoksi dan kewajiban kita”

BUPATI NABIRE MENYERAHKAN 474 SK PNS FORMASI 2018 YANG TELAH MENGIKUTI LATSAR DAN PENGAMBILAN SUMPAH JANJI